Ini Cara Mengatasi CPU Komputer Mati dan Monitor Mati

Cara Mengatasi CPU Komputer Mati dan Monitor Mati – Pada artikel kali ini kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi CPU tapi monitor mati yang berguna saat komputer anda bermasalah.Mungkin Anda pernah mengalami CPU pada monitor mati. Tentu hal ini menjadi masalah karena kita tidak bisa melakukan apa-apa saat monitor kita mati.

Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatasi CPU komputer hidup tapi monitor mati, tidak ada sinyal tidak menyala.Penyebab CPU matikan monitor tidak muncul ada beberapa alasan. Oleh karena itu Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar dapat mengatasinya.

Cara Mengatasi CPU Komputer Menyala Tapi Monitor Tidak Menyala

Berikut ini adalah beberapa penyebab CPU mematikan monitor dan cara mengatasinya:

Monitor Tidak Dinyalakan

Alasan pertama mengapa CPU menyalakan monitor mati karena terkadang kita tidak menyalakan monitor itu sendiri.Untuk memeriksa apakah monitor hidup atau tidak Anda dapat memeriksanya pada lampu indikator.Setiap monitor memiliki indikator yang berbeda saat menyala, jadi pastikan Anda menekan tombol monitor di layar.

Kabel VGA

Alasan kedua mengapa CPU menyalakan monitor mati karena koneksi kabel VGA yang menghubungkan monitor dengan CPU komputer miki anda belum terpasang dengan sempurna.Jika port VGA belum terpasang dengan sempurna maka itulah penyebab monitor mati atau tidak menyala. Untuk mengatasinya anda harus memperbaiki koneksi port VGA pada CPU agar koneksi tidak kendor.Jika kabel putus maka Anda harus membeli kabel VGA baru.

Kartu VGA

Penyebab ketiga yang menyebabkan monitor mati tapi CPU hidup adalah kartu grafis atau yang bisa disebut VGA. Selain RAM yang rusak, kartu grafis yang bermasalah bisa menjadi penyebabnya. Pastikan VGA yang Anda miliki masih bisa digunakan.

Selain VGA yang rusak, VGA yang berdebu juga bisa menjadi masalah monitor mati tapi CPU tetap menyala. Untuk membersihkannya Anda perlu melepas RAM dari slot dan membersihkan RAM.Jika RAM sudah bersih kembali maka pasang kembali RAM tersebut ke tempat semula.

Masuk ke Bagian Safe Mode

Cara lain yang bisa mengatasi monitor mati atau tidak menyala adalah dengan masuk ke bagian safe mode. Dalam mode ini, Windows hanya akan memuat driver Windows default.Jika ada driver yang bermasalah di komputer Anda maka tidak akan ada masalah saat menyalakan mode ini.

Langkah-langkah agar Anda bisa masuk ke safe mode yang memiliki OS Windows adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan komputer Anda
  • Kemudian akan muncul logo dan merk CPU yang anda gunakan, setelah itu tekan tombol F8 beberapa kali, hingga muncul menu Boot Options di monitor.
  • Dari berbagai pilihan yang muncul, selanjutnya kamu pilih safe mode
  • Setelah Anda masuk ke mode aman, tunggu selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, restart saja komputer Anda. Ini karena layanan Windows yang bermasalah atau karena waktu layanan yang tertunda.

Memori RAM yang bermasalah

Alasan mengapa CPU komputer menyala tetapi monitor mati adalah karena kasus RAM yang rusak. Selain RAM yang rusak, RAM yang berdebu juga menyebabkan monitor mati meskipun CPU komputer menyala.

Indikator jika RAM rusak adalah CPU akan mengeluarkan suara berupa bunyi bip panjang atau bunyi berupa bunyi bip yang berulang saat Anda menyalakan CPU. dari slot dan bersihkan RAM.Jika RAM sudah bersih kembali maka pasang kembali RAM tersebut ke tempat semula.

Baterai CMOS

CPU hidup tapi monitor mati juga bisa disebabkan oleh baterai motherboard atau yang dikenal dengan baterai CMOS yang memang sudah waktunya untuk diganti.Penyebab baterai motherboard jarang terjadi karena monitor mati, namun penyebab baterai motherboard rusak juga bisa menjadi penyebabnya.Oleh karena itu sebaiknya Anda tetap memeriksa baterai CMOS.

8 Prosesor Akibat monitor mati tapi CPU hidup, bisa juga disebabkan oleh hardware yang rusak, hardware yang berdebu juga bisa menjadi masalah atau instalasi hardware yang tidak sempurna.Oleh karena itu pastikan perangkat keras terpasang dengan benar. Tanda-tanda prosesor rusak adalah prosesor terasa dingin meskipun CPU telah dihidupkan selama beberapa menit.

Kipas

Alasan lain mengapa monitor mati tetapi CPU hidup adalah karena kipas CPU. Jika kipas masih bisa berputar dengan baik, berarti kipas CPU atau FAN masih bisa digunakan.Selalu perhatikan posisi FAN saat memasangnya, karena jika pemasangan fan tidak dilakukan dengan benar maka yang terjadi adalah monitor tidak menyala walaupun CPU dihidupkan.

Kata Terakhir

Itulah Penyebab dan cara mengatasi monitor mati tidak ada sinyal tidak muncul tapi cpu komputer hidup. Semoga bisa membantu anda yang sedang mengalami masalah monitor mati.

 Kipas dan hard disc mendengar menyala tapi layar monitor tetap gelap

Setidaknya masalah ini sedikit lebih baik daripada masalah PC mati. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyelesaikan masalah.

  • Lepaskan semua kabel yang terhubung ke CPU.
  • Buka casing CPU.
  • Lepaskan RAM (memori) yang terpasang di slot DIMM. Jika Anda menggunakan 2 buah RAM, coba bersihkan konektor RAM dengan karet penghapus, ini bisa disebabkan oleh kotoran pada konektor RAM. Setelah itu, cukup instal satu RAM dan nyalakan komputer
  • Jika langkah 3 menyelesaikan masalah, lanjutkan dengan memasang chip RAM lain. Jika dengan memasang RAM kedua komputer kembali bermasalah, berarti salah satu RAM Anda rusak. Lepaskan RAM lagi dan pasang hanya satu chip RAM.
  • Jika dengan langkah 3 dan 4 masalah belum teratasi, lakukan langkah selanjutnya. Periksa VGA eksternal jika Anda menggunakannya, lepaskan VGA eksternal dan bersihkan konektor VGA seperti saat membersihkan RAM. Pasang kembali VGA eksternal dengan benar, kemudian hidupkan komputer.
  • Jika langkah 5 sudah dilakukan dan masalah belum teratasi, coba lepas semua perangkat keras eksternal yang terpasang, seperti modem, kartu suara eksternal, kartu ethernet eksternal, dan komponen lainnya jika ada. Tinggalkan saja VGA card eksternal dan RAM yang terpasang di mainboard, lalu hidupkan komputer. Jika dengan cara ini komputer bisa kembali normal, kerusakannya ada pada hardware yang anda copot tadi. Untuk mengetahui perangkat keras mana yang rusak, coba instal ulang perangkat keras yang dilepas satu per satu. Ketika komputer error lagi saat memasang salah satu hardware, berarti hardware-lah yang menjadi biang keladinya. Ganti saja dengan perangkat keras baru.
  • Jika langkah 6 juga tidak berhasil, berarti masalahnya ada pada prosesor Anda atau bahkan motherboard Anda. Namun untuk memastikan prosesor atau motherboardnya rusak, ada baiknya Anda menguji kartu VGA dan RAM eksternal Anda pada CPU lain yang menggunakan kartu VGA dan RAM yang serupa dengan milik Anda. Jika ternyata RAM dan VGA card Anda berjalan normal di CPU lain, Anda bisa menguji prosesor di CPU lain yang sejenis. (hanya untuk memastikan kerusakan prosesor). Jika memang prosesor Anda error, sebaiknya Anda membeli prosesor baru. Namun, jika prosesor Anda berjalan normal pada CPU lain, itu berarti ada masalah dengan motherboard. Anda dapat pergi ke klinik komputer untuk memperbaikinya atau Anda dapat membeli motherboard baru.

Demikian Cara Mengatasi CPU Komputer Mati dan Monitor Mati, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.