Ini Dia Cara Editing Untuk Pemula

Ini Dia Cara Editing Untuk Pemula – Ada banyak jenis aplikasi edit video android terbaik yang kini bermunculan di dunia fotografi. Namun, tidak semua aplikasi ini mudah digunakan, terutama untuk editor video pemula.Sebagai pemula, pengetahuan Anda masih belum banyak sehingga Anda membutuhkan aplikasi yang mudah dipahami.

Namun pemula tidak perlu bingung memilih, karena di Play Store terdapat beberapa aplikasi edit video android terbaik namun masih relatif mudah dipahami oleh orang awam. Jadi, proses belajar video editing menjadi lebih mudah.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Android Mudah Terbaik

Power Director

Mengedit video dengan hasil memuaskan melalui ponsel Android bukan hal yang mustahil. Seperti menggunakan salah satu aplikasi terbaik kali ini yaitu PowerDirector. Dibalik kecanggihan aplikasi edit video ini sangat bersahabat bagi pemula karena fitur-fiturnya mudah dipahami dan digunakan.

Apalagi jika pengguna ingin mengedit video untuk konten Youtube, maka PowerDirector bisa menjadi solusi yang tepat untuk dicoba. Terdapat fitur menarik seperti animasi, stiker, dan efek yang tidak kalah keren. Jadi, Powerdirector bisa menjadi aplikasi yang harus dicoba untuk pengeditan video terbaik untuk pemula.

KineMaster

Mirip dengan aplikasi edit video Android terbaik sebelumnya, KineMaster hadir dengan fitur yang juga sangat lengkap. Selain memiliki beragam fitur keren, KineMaster juga banyak digunakan oleh para pemula karena antarmukanya yang mudah dipahami.

Tidak berhenti sampai di situ, fitur dan menu dalam aplikasi ini tidak kalah lengkapnya dengan aplikasi profesional yang kompleks dan canggih. Pengguna bahkan dapat mengubah layar hijau, menambahkan stiker, menjalankan teks, dan banyak lagi. Jangankan video Youtube, bahkan video semi film pun bisa diedit secara profesional menggunakan KineMaster.

VideoShow

Tidak kalah mudah dan fleksibel untuk digunakan oleh editor pemula, cobalah aplikasi edit video Android terbaik bernama Video Show. Aplikasi ini memiliki satu keunikan, yaitu memungkinkan pengguna untuk mengedit video meskipun sedang offline.Salah satu fitur unggulan Video Show  adalah memungkinkan untuk mengompres video berukuran besar.

Jadi, Anda bisa memperkecil ukuran video agar lebih ringan saat diunggah ke media sosial.Ada juga berbagai jenis efek menarik yang dapat mempercantik video yang diedit. Voting untuk pemotongan video juga tersedia sebagai fitur yang mudah digunakan dalam aplikasi ini.Jadi, pemula dapat mengedit video seperti profesional menggunakan Video Show.

 VivaVideo

Sangat mirip dengan KineMaster, Viva Video juga merupakan aplikasi edit video android yang sangat banyak peminatnya. Bagaimana tidak, aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur lengkap seperti filter, stiker, font unik, slide show dan masih banyak fitur lainnya.

Tidak ketinggalan berbagai jenis suara musik juga bisa menjadi pelengkap editing video menggunakan Vivavideo ini. Ada juga efek lucu yang bisa sangat berguna untuk mengedit video lucu sebagai konten untuk Youtube, TikTok dan lain-lain.

 InShot

Aplikasi edit video Android terbaik terakhir adalah aplikasi InShot. Aplikasi keren ini bahkan memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak akan menyumbat memori ponsel Android. Meski begitu, InShot juga memiliki banyak fitur menarik yang bisa mengubah video biasa menjadi video profesional.

Pengguna dapat meningkatkan suara, memotong, memutar, dan memperlambat video. Tidak hanya itu, video Youtube lucu juga bisa diedit menggunakan aplikasi ini. Tentunya InShot juga ramah untuk pemula karena cukup mudah untuk diterapkan.

Tentukan strategi konten yang ingin Anda buat

Sebelum membuat konten video yang akan Anda unggah di YouTube, Anda perlu menentukan konten yang ingin Anda buat. Pada dasarnya, kamu bisa bebas membuat berbagai macam konten yang kamu inginkan, mulai dari vlog, video lucu, tips & tutorial, reaksi, talk show, dan lain-lain. Namun, pertanyaan dasarnya adalah siapa yang akan menonton konten Anda.

Secara umum tidak ada batasan untuk bekerja di YouTube, tetapi Anda harus tahu bagaimana peran penonton di saluran yang akan Anda bangun nanti. Oleh karena itu, ada beberapa hal utama yang bisa Anda tentukan sebelum membuat konten video untuk channel YouTube Anda.

  • Tentukan audiens atau audiens potensial Anda.
  • Tentukan niche/kategori konten Anda.
  • Buat ciri khas akun dan konten Anda.

 Tentukan ide dan topik konten video Anda

Dalam membuat konten untuk pertama kalinya, memunculkan ide bisa jadi rumit. Karena ini bisa melibatkan banyak hal, mulai dari situasi, isu, tren, hingga mood yang sedang Anda rasakan. Oleh karena itu, ketika Anda telah menentukan kategori konten yang ingin Anda buat, dapat memudahkan Anda untuk menemukan ide yang akan dijadikan konten video.

Salah satu cara untuk menemukan ide yang cocok adalah dengan menggunakan mind mapping. Anda bisa membuat sketsa sederhana dari berbagai ide yang ada di kepala Anda. Kemudian mulailah menentukan topik dari yang paling umum hingga mencari ide yang lebih spesifik dan menarik. Sebagai contoh,

  • Topik utama yang ingin Anda buat adalah tentang konten makanan.
  • Dari topik itu akan muncul berbagai turunan ide, baik makanan biasa, pedas, maupun manis.
  • Kemudian nantinya Anda bisa menentukan apakah itu makanan mahal, makanan restoran viral, atau makanan jalanan.
  • Selanjutnya Anda bisa menentukan nanti bentuk konten yang akan dibuat, apakah itu review, mukbang, atau ASMR.

Setelah mendapatkan ide yang menarik, langkah selanjutnya adalah menghubungkan ide tersebut dengan target audiens Anda.Apakah ide ini cocok/relevan dengan audiens saya atau tidak?Misalnya, jika Anda fokus pada audiens yang menyukai konten makanan, maka akan kurang cocok saat membuat konten video tentang otomotif.

Siapkan alat untuk membuat konten

Sebagai pemula, cobalah untuk tidak langsung memikirkan konten yang terlihat mewah atau dengan gaya video yang canggih. Sebenarnya Anda hanya perlu membuat konten yang jelas, mudah dipahami, dan pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima oleh calon audiens Anda. Oleh karena itu, dalam memulai membuat konten untuk pertama kalinya, jangan terlalu khawatir karena Anda tidak memiliki peralatan yang canggih atau mahal.

Pada dasarnya, dalam membuat konten video, Anda cukup menggunakan alat yang dapat merekam gambar dan suara. Anda bisa menggunakan ponsel atau kamera DSLR sederhana. Namun, jika Anda telah menyiapkan biaya yang cukup sebelumnya, Anda dapat menggunakan beberapa alat tambahan seperti,

 

  • Mikrofon dan perekam audio, untuk merekam dan menghasilkan suara yang lebih baik
  • Tripod dan dudukan kamera, untuk meminimalkan guncangan video
  • Lampu tambahan, untuk memberikan eksposur yang merata ke video

Setelah memiliki tools yang dibutuhkan untuk membuat konten video, langkah selanjutnya adalah memahami fungsi utama dari tools tersebut. Misalnya, mengetahui kualitas rekaman kamera yang Anda gunakan, seperti 720, 1080, 2K, 4K. Selain itu, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara membuat konten, seperti teknik perekaman dan pengeditan video, klik saja banner di bawah ini untuk dapat bergabung dengan kelas.

Demikian Cara Editing Untuk Pemula, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.