Ini Dia Penyebab Dan Cara Praktis Mengatasi Hp Android Bootlop

Ini Dia Penyebab Dan Cara Praktis Mengatasi Hp Android Bootlop – Setiap perangkat Android pasti memiliki spesifikasi dan kelebihan yang berbeda-beda. Performa mantap, spesifikasi mumpuni, dan dukungan multitasking maksimal menjadi pilihan terbaik bagi pengguna Android. Namun, sehebat atau secanggih apapun smartphone yang Anda miliki, tentu memiliki peluang untuk mengalami masalah. Masalah yang dialami bisa terjadi pada software atau hardware.

Masalah paling sering terjadi pada software, mulai dari aplikasi yang terinstal, aplikasi bawaan (bloatware), hingga sistem Android. Salah satu masalah pada sistem Android yang cukup mengganggu pengguna adalah bootloop. Bootloop adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada beberapa pengguna Android yang suka memperbaiki sistem Android di smartphone mereka. Dibawah ini akan kami jelaskan tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Android Bootlop.

Masalah bootloop ini bisa terjadi di semua perangkat Android semua merk. Bisa dibilang, bootloop ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan dari OS Android. Bootlop adalah keadaan ketika ponsel tidak dapat masuk ke sistem dan berhenti memproses. Arti Bootloop sendiri diambil dari kata bahasa Inggris “boot” dan “loop”. Boot memiliki arti dalam bahasa yaitu keadaan dimana ponsel siap menyala dengan sempurna. Sedangkan arti kata loop memiliki arti yang berulang.

Penyebab bootloop bisa bermacam-macam, mulai dari proses rooting, upgrade OS Android gagal, custom ROM gagal atau corrupt, flashing firmware gagal, Android terinfeksi virus, dan masih banyak lagi. Biasanya sumber masalah bootloop adalah karena kegagalan atau error saat melakukan perbaikan sistem android dengan alasan sebagai cara agar hp android tidak lemot.

Penyebab bootloop bisa karena berbagai hal, namun pada dasarnya disebabkan oleh perawatan dan penggunaan ponsel yang tidak tepat. Mengalami bootloop adalah hal yang wajar, namun jika terus menerus dapat merusak ponsel itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk menghentikan kebiasaan yang menyebabkan bootloop pada ponsel. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi hp android bootlop :

Penyebab Bootloop

Mem-Flash ROM Kustom

Penyebab bootlop di hp pertama karena flashing custom rom baru. Hal inilah yang kemungkinan menyebabkan data lama yang belum terhapus dapat digunakan oleh sistem yang baru.

Overclock Android

Penyebab bootloop selanjutnya adalah android overlock. Ini awalnya terjadi karena Anda menginginkan peningkatan kinerja ponsel yang lebih cepat. Hal ini umumnya dilakukan dengan meningkatkan kapasitas prosesor dengan cara overlock.

Sebenarnya cara mempercepat performa ini bisa dilakukan, tapi jangan terlalu memaksa. Artinya, jika Anda ingin melakukan overclock Android misalnya dari 1 GHz ke 2 GHz, maka Anda hanya dapat melakukan setengahnya atau bahkan lebih aman jika hanya seperempat, dan jangan terlalu memaksakan ponsel Anda. Meskipun banyak orang melakukan metode overclocking ini, sangat disarankan untuk tidak melakukannya sama sekali.

Mengubah Isi Script Di Folder Sistem

Penyebab bootloop ini mungkin sering dialami oleh para pecinta game yaitu merubah isi script di folder system. Meski terkesan sepele, karena sebenarnya sistem sudah didesain sedemikian rupa, hal inilah yang sebenarnya berpotensi menyebabkan bootloop.

Pemasangan Mod

Penyebab terakhir bootloop juga bisa terjadi jika Anda menginstal mod pada sistem operasi Android. Biasanya hp menjadi bootloop karena mod yang dipasang tidak sesuai dengan kondisi ROM yang digunakan pada hp tersebut. Di sisi lain, mod yang tidak terstruktur dengan baik juga bisa menjadi penyebab bootloop. Makanya, selalu berhati-hati dan pastikan spesifikasi HP mumpuni untuk memasang mod atau aplikasi baru.

Cara Mengatasi Bootloop

Soft Reset Hp Android

Setelah mengetahui penyebab bootloop, ada baiknya untuk memahami cara mengatasinya. Langkah pertama dalam menangani loop boot adalah melakukan soft reset sederhana. Matikan ponsel Android dan keluarkan baterai.

Jika Anda tidak bisa melepas baterai pada model ponsel tertentu, biarkan perangkat mati setidaknya selama lima menit. Mulai ulang perangkat untuk melihat apakah masalah boot telah teratasi. Terkadang hanya perlu soft reset cepat untuk menghapus bug dari proses startup.

Wipe Data / Factory Reset

Cara ketiga, Anda dapat mencoba metode Wipe Data atau Factory Reset (Hard Reset). Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah bootloop berat (Hard Bootloop) atau untuk menghapus virus Android paling berbahaya yang menginfeksi perangkat Android Anda. Cara yang sama juga biasanya dilakukan seperti cara menghapus akun GMail di HP atau hal untuk reset data di Android.

Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan Anda membackup semua file yang tersimpan di memori internal dan eksternal smartphone Android Anda. Simpan data cadangan Anda di tempat penyimpanan terpisah, misalnya pada hard drive eksternal terbaik saat ini.

Flashing / Install Firmware

Cara terakhir untuk mengatasi Android bootloop, adalah dengan flash atau install ROM. Sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda memiliki firmware atau stock ROM yang tepat untuk jenis perangkat Android yang Anda gunakan. Jika Anda tidak memiliki firmware yang tepat untuk jenis perangkat Anda, Anda dapat mencarinya di Google. Cukup ketikkan kata kunci yang terkait dengan firmware yang sesuai dengan jenis smartphone Android yang Anda miliki.

Misalnya, jika smartphone Android Anda adalah Xiaomi Mi 3, maka kata kunci pencariannya adalah “firmware xiaomi mi 3”. Teknik flashing sendiri bisa bermacam-macam, bisa flash langsung dari SD Card, menggunakan software Odin, Flashing Tool, komputer, atau teknik lainnya.

Hapus Cache Sistem

Cara termudah dan termudah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Android bootloop adalah dengan membersihkan file cache pada sistem dan memori Android. Bagaimana cara membersihkannya, tidak bisa masuk ke menu Android?

Untuk melakukan ini, Anda perlu masuk ke menu Mode Pemulihan. Menu Recovery Mode di setiap smartphone berbeda-beda, dan cara masuknya juga akan berbeda-beda. Anda harus masuk ke menu Recovery Mode sesuai dengan jenis perangkat Android yang Anda gunakan.

Cabut Kartu SIM Dan Microsd

Untuk mengatasi bootloop, Anda bisa mengeluarkan kartu SIM dan juga MicroSD. Setelah itu diamkan selama 30 menit atau sampai sehari penuh (24 jam) agar proses restart berjalan maksimal.

Kunjungi Service Center Resmi

Jika beberapa cara di atas masih tidak bisa mengatasi bootloop, sebaiknya bawa ponsel ke service center resmi untuk berkonsultasi dan mengecek kondisi ponsel.

Mengatasi Bootloop Ringan

Untuk memperbaiki perangkat Android yang mengalami bootloop ringan, Anda tidak perlu melakukan langkah teknis apa pun. Anda cukup mematikan perangkat Android Anda (jika aktif). Kemudian, keluarkan kartu memori, kartu operator, dan baterai. Kemudian diamkan selama 30 menit hingga 24 jam. Setelah itu, pasang dan restart perangkat Android Anda. Kemudian amati proses booting.

Menggunakan Cwm Recovery

Jika ponsel di-root dengan CWM, langkah-langkah untuk menghapus perangkat berbeda. Matikan telepon dan luncurkan ke Mode Pemulihan CWM dengan menekan tombol Rumah, daya, dan volume naik secara bersamaan (kombinasi tombol ini mungkin berbeda untuk ponsel Android khusus Anda).

Pilih “Advanced”, pilih “Clear”, lalu pilih “Dalvik cache”. Selanjutnya, pilih “Mount and Storage” dan kemudian gunakan “Wipe/cache”. Nyalakan ulang telepon dan masalahnya harus segera diselesaikan.

Demikian ulasan tentang Ini Dia Penyebab Dan Cara Praktis Mengatasi Hp Android Bootlop semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.