Mengapa Pendidikan Itu Penting ?

Pentingnya Pendidikan – Pendidikan merupakan sesuatu yang penting bagi kemajuan suatu bangsa. Proses belajar mengajar formal dapat diperoleh dari sekolah. Sedangkan pendidikan informal dapat diperoleh melalui pengalaman sehari-hari. Pendidikan dapat diperoleh baik secara formal maupun nonformal.

Pendidikan formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang telah direncanakan, disusun oleh suatu lembaga, departemen atau kementerian suatu negara seperti di sekolah-sekolah. Pendidikan membutuhkan kurikulum untuk melaksanakan perencanaan belajar mengajar.

Sedangkan pendidikan nonformal adalah pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari dari berbagai pengalaman baik yang dialami maupun dipelajari dari orang lain. Sebuah proses belajar dan mengajar sepanjang hayat.

Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi peserta didik. Dengan begitu, diharapkan anak bangsa memiliki pengetahuan, kepribadian yang baik, kreativitas, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Pendidikan merupakan salah satu cara peningkatan dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas untuk masa depan bangsa. Tujuan nasional pendidikan diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional.

Dalam undang-undang tersebut dapat diuraikan lima tujuan pendidikan, yaitu membentuk manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, menjadi kreatif dan mandiri.

Pentingnya pendidikan

Dengan pendidikan yang baik, masyarakat akan mendapatkan kesempatan kerja yang baik di masyarakat dan masa depan yang cerah. Ditambah dengan pesatnya kemajuan zaman dan teknologi di Indonesia, pendidikan harus menjadi prioritas. Berikut alasan pentingnya Pendidikan untuk masa depan;

Membangun Karakter Baik, dengan pendidikan orang bisa belajar tentang sopan santun dan hal-hal baik lainnya. Pendidikan sangat penting untuk membangun karakter anak bangsa. Orang yang berpendidikan dapat menghadapi masalah dengan bijaksana. Selain itu, pendidikan juga akan menjadikan individu lebih manusiawi dan memiliki toleransi yang tinggi.

Mengembangkan rasa percaya diri, orang yang terpelajar akan berani dan percaya diri tampil di depan khalayak dan berani menghadapi tantangan di masa depan. Dengan pengetahuan yang dimiliki, seseorang dapat mengambil keputusan yang bijaksana.

Menciptakan generasi penerus bangsa, dengan pendidikan mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang ahli dalam berbagai bidang. Hal ini terkait dengan tersedianya berbagai jenjang pendidikan dan jurusan yang tersedia di berbagai sekolah atau universitas. sehingga dapat membantu melahirkan banyak generasi muda yang berguna bagi banyak orang.

Membentuk Pola Pikir Ilmiah, dengan Pendidikan maka pola pikir akan lebih tertata. Dunia pendidikan memungkinkan seseorang memiliki cara dan pola pikir ilmiah, yang terstruktur dan berdasarkan fakta yang ada.Mengetahui Benar dan Salah, Pendidikan membuat seseorang yang tidak tahu menjadi tahu.

Selain itu, manusia akan semakin mengerti mana yang baik dan mana yang tidak. Secara sadar, seseorang akan menerima konsekuensi atas segala tindakan yang dilakukan.Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang umumnya menyediakan berbagai mata pelajaran umum, mulai dari ilmu alam, ilmu sosial, bahasa dan matematika ditambah pelajaran agama dan sejarah dari masa peradaban hingga sejarah kepahlawanan.

Sekolah merupakan tempat menimba ilmu, dimana dalam struktur sekolah ada guru yang berperan sebagai guru dan ada juga siswa atau siswa sebagai siswa. Sekolah pada umumnya memberikan mata pelajaran dasar mulai dari perhitungan dasar hingga perhitungan kompleks. Faktanya, tidak semua pembelajaran akan dimanfaatkan oleh semua siswa ketika mereka lulus.

Sudah selayaknya sekolah menyediakan lulusan yang beragam, bukan seragam. Karena tujuan sekolah adalah menjadikan siswa menjadi siswa yang berprestasi sesuai minat dan bakatnya, bukan seperti robot yang lulus dengan cetakan yang sama.Jadi pelajaran umum yang diajarkan sekolah seolah-olah hanya menjadi kebutuhan pokok sebuah sekolah, selebihnya tergantung pada kurikulum dan visi misi sekolah itu sendiri.

Sekolah terbaik adalah sekolah yang dapat menghasilkan lulusan sesuai dengan minatnya.Karena ketika seseorang masuk sekolah, tidak semuanya bisa menerima matematika, tidak semua bisa menjadi fisikawan, tidak semua bisa menghafal sejarah, tidak semua bisa mengerti bahasa Inggris dan tidak semua bisa mempelajari semua mata pelajaran. Jika seseorang mampu meraih nilai tertinggi pada semua mata pelajaran, berarti siswa tersebut memang siswa yang luar biasa.

Tetapi jika Anda benar-benar tidak dapat memahami satu atau dua pelajaran, itu tidak berarti bahwa Anda adalah siswa yang kurang, adalah umum bagi seseorang untuk lulus dengan matematika rendah dan itu umum untuk beberapa mata pelajaran tidak dapat berkembang dan tertarik. sebagai sekolah yang bertanggung jawab, sekolah harus mampu mengembangkan kekurangan siswa menjadi sesuatu yang dapat dianggap normal atau setidaknya tidak di bawah standar sekolah.

Selebihnya adalah mengembangkan minat dan bakat siswa dengan passionnya.Karena bagaimanapun, tidak semua lulusan sekolah membutuhkan matematika, terutama bagi mereka yang tertarik dengan seni dan olahraga. Tidak semua membutuhkan rumus fisika bagi yang berminat menjadi fotografer, tidak semua membutuhkan pelajaran kimia bagi yang ingin menjadi wirausaha.Pelajaran di sekolah merupakan syarat agar sekolah memiliki nilai jual dan kurikulum berjalan dengan baik.

Keberhasilan siswa baik selama sekolah maupun setelah lulus adalah dari kaki sendiri, dan sekolah hanyalah lembaga yang menampung dan mengembangkan minat dan bakat siswa agar dapat berkembang dengan baik. Namun, ada satu pendidikan yang sangat penting yang harus dikembangkan dengan sangat baik, yaitu pendidikan karakter peserta didik selama di sekolah.

Pendidikan karakter merupakan suatu bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat tindakan pendidikan yang ditujukan untuk generasi penerus. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk peningkatan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Pendidikan karakter merupakan pelajaran yang harus dilaksanakan dan diselenggarakan oleh sekolah, karena pendidikan ini akan terbawa sampai kepada siswa dewasa. Berbeda dengan pelajaran umum yang hanya sebatas minat dan bakat siswa, pendidikan karakter lebih cenderung menjadi pendidikan wajib bagi siswa di sekolah, baik full day school maupun boarding school.

Ada beberapa alasan mengapa pendidikan karakter penting di sekolah, diantaranya tidak semua siswa membutuhkan matematika yang rumit, berbeda dengan pelajaran umum, pendidikan karakter sangat dibutuhkan siswa seumur hidupnya terutama tentang akhlak, etika, etika dan berbagi ilmu. dengan orang lain ketika mereka dewasa. .

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pentingnya pendidikan dalam kehidupan yang bertujuan untuk menyadarkan setiap orang atau semua pembaca untuk lebih peduli terhadap pendidikan.Selain itu, pendidikan dapat melepaskan kita dari batas-batas pikiran kita dan memaksa kita untuk berpikir dan mempertanyakan sesuatu.

Hal ini membuat kita sadar akan hak-hak kita di masyarakat.Dengan demikian memberi kita kekuatan untuk tidak diperbudak, baik oleh pikiran maupun tindakan. Jika kita melihat orang-orang hebat berbicara, itu akan terasa dari cara mereka berbicara dan pendapat yang mereka ungkapkan. Ini adalah reaksi alami terhadap

Demikian pentingnya pendidikan , semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.